featured-image-wisata-budaya-dan-religi-02

Ruwat Bumi Guci

Upacara tradisional tahunan yang diadakan masyarakat Desa Rembul dan Desa Pekandangan di lokasi Obyek Wisata Guci setiap bulan Muharram (Suro) sebagai bentuk ungkapan syukur atas kemakmuran yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan juga memohon keselamatan dari segala macam mara bahaya.

Upacara dimulai dengan arak-arakan Gunungan atau Sesajian beraneka macam hasl panen dan dilanjutkan dengan ritual memandikan Kambing Kendit, yaitu jenis kambing khusus yang berwarna hitam dengan lingkar putih di perutnya. Ritual ini sebagai simbol kasih sayang terhadap makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan kambingnya sendiri merupakan simbol dari kehidupan yang akan terus berputar. Tak lupa kembang setaman juga ditaburkan pada pemandian ini.

Setelah prosesi memandikan kambing, dilanjutkan dengan upacara dan pembacaan riwayat Guci dan harus menggunakan Bahasa Tegalan. Setelah itu ada beberapa sambutan-sambutan dan yang terakhir adalah rebutan gunungan, do’a bersama dan hiburan-hiburan lainnya yang biasanya diisi dengan tarian khas Tegal.