Artikel / Berita
Artikel / Berita Pariwisata dan Budaya

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-415

Kabupaten Tegal yang telah genap berusia 415 tahun pada tahun 2016 ini tentunya menyimpan berbagai cerita bersejarah yang sangat bermanfaat untuk tetap dikenang dan dilestarikan. Sebagai wujud rasa syukur kita atas segala nikmat, berkah dan rahmat dari Allah SWT, Pemerintah Kabupaten Tegal akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari jadi ke-415 Kabupaten Tegal Tahun 2016. Peringatan Hari Jadi ini merupakan sarana untuk melestarikan berbagai kebudayaan dan sejarah yang telah terukir melalui berbagai bentuk visualisasi kegiatan yang kreatif.

 

Peringatan ini akan dikemas dengan berbagai acara dan kegiatan yang menarik sekaligus sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Kabupaten Tegal. Rangkaian acara akan dimulai pada hari Kamis, 12 Mei 2016 dengan ziarah ke Makam Amangkurat yang kemudian dilanjutkan ke Makam Ki Gede Sebayu, Makam Ki Ageng Hanggawana dan Makam Pangeran Purbaya. Keesokan harinya dilaksanakan Sujud Syukur yang akan dilaksanakan pada Sholat Jum’at di seluruh masjid di Kabupaten Tegal. Pada hari Senin, 16 Mei 2016 akan dilaksanakan Upacara Penyerahan Pataka dari Pemda ke Kalisoka dan hari Selasa, 17 Mei 2016 Kirab Pataka dari Kalisoka menuju Rumah Dinas Bupati Tegal dan pada malam harinya akan digelar Malam Tasyakuran di Kabupaten Tegal.Keesokan harinya Rabu, 18 Mei 2016 digelar Kirab Pataka dengan iring-iringan meriah dari Rumah Dinas Bupati menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal dan diikuti oleh seluruh Kecamatan di Kabupaten Tegal yang dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka Hari Jadi.

 

Acara juga akan semakin meriah dengan digelarnya Pameran Slawi Expo mulai hari Kamis s/d Minggu tanggal 26-29 Mei 2016 yang akan diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Tegal. Pagelaran Kesenian, Parade Musik Tradisional, Festival Karnaval Budaya dan berbagai macam kegiatan serta lomba-lomba yang tidak kalah seru juga akan dilangsungkan dan tentunya akan menambah kemeriahan rangkaian acara Hari Jadi ke-415 Kabupaten Tegal Tahun 2016.