Artikel / Berita
Artikel / Berita Pariwisata dan Budaya

Ruwat Bumi Purwahamba Indah 2016

Salah satu Seni Budaya yang khas di Kabupaten Tegal tepatnya di Obyek Wisata Purwahamba Indah Kecamatan Suradadi adalah Upacara Adat Ruwat Bumi. Ruwat Bumi Purwahamba Indah adalah Kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

 

Tradisi ini diisi dengan upacara adat yang akan digelar di Obyek Wisata Purwahamba Indah pada hari Rabu, 14 Desember 2016 dilanjutkan dengan berbagai macam hiburan dan malam harinya diadakan pagelaran wayang semalam suntuk. Ada yang menarik dalam ruwatan tahun ini yaitu digelarnya festival Grebeg Klapa Ijo yang dapat diikuti oleh masyarakat Kabupaten Tegal. Semua acara tersebut semata hanya sebagai perwujudan syukur kepada Allah SWT, serta untuk memohon agar warga terhindar dari berbagai macam bencana.

 

Ruwatan dapat dikatakan sebagai bentuk tradisi Jawa yang sudah ada sejak lama. Bahkan dapat dikatakan sebagai tradisi sebelum kedatangan agama-agama ke tanah Jawa. Kata Ruwat dalam bahasa sansekerta diartikan sebagai pembebasan, penyucian. Kemudian kata yang hampir mirip, yaitu Rawat atau Reksa diartikan sebagai memelihara.

 

Kegiatan Ruwat Bumi Purwahamba Indah merupakan wujud partisipasi warga masyarakat dalam rangka melestarikan budaya daerah dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rejeki yang diperoleh dari hasil usaha khususnya bagi para pedagang di sekitar Obyek Wisata Purwahamba Indah.