Artikel / Berita
Artikel / Berita Pariwisata dan Budaya

Pusat Rekeasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah Tahun 2018

 AWAL MULA
Pusat Rekeasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah, semula berawal dari Pekan Raya Semarang (PRS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Semarang pada tahun 1970. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pekan Raya Semarang pada awalnya diselenggarakan dengan menyajikan hiburan kepada masyarakat sekaligus sebagai ajang memamerkan produk-produk pembangunan daerah maupun kalangan swasta. Kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Hiburan Rakyat (THR) Tegal Wareng Semarang (saat ini berubah menjadi Taman Budaya Raden Saleh/TBRS).
Pameran dilaksanakan oleh Panitia yang dibentuk Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Semarang dengan mengikutsertakan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Daerah Kotamadya Semarang.

Dalam perjalanan waktu, karena Pekan Raya Semarang pengunjungnya tidak saja berasal dari kota Semarang, tetapi meluas sampai wilayah di luar semarang, kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh kalangan pengusaha, baik besar maupun kecil, terutama para pengrajin untuk memperkenalkan dan memasarkan hasil produknya.
PRPP
Selanjutnya nama Pekan Raya Semarang mulai awal tahun 1980-an diubah menjadi Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Penyelenggaraan event PRPP, dilaksanakan oleh Panitia yang dibentuk Gubernur Jawa Tengah, beranggotakan unsur Pemerintah Propinsi Jawa Tengah, pemerintah Kotamadya Semarang dan Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah. Event PRPP ini diadakan masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Waktu pelaksanaan pameran kurang lebih 45 (empat puluh lima) hari.

Sejak tahun 1985 karena penyelenggaraan Pekan Raya dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah dipandang mempunyai potensi sebagai sarana promosi pembangunan Jawa Tengah dan promosi di bidang usaha perdagangan, perindustrian/kerajinan rakyat serta usaha di bidang kepariwisataan maka dibentuk Yayasan Pekan Raya dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah sebagai pelaksanaan kegiatan.
Pembentukan Yayasan berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah tanggal 1 Januari 1985 Nomor : 510.1/02439. Keputusan tersebut disempurnakan kembali dengan diterbitkan Keputusan tanggal 30 November 1989 Nomor : 510.1/314/1989.

Dengan terbentuknya Yayasan PRPP, maka kegiatan pameran dipindahkan dari TBRS ke kawasan Tawang Mas Semarang, pada tahun 1986. Pameran yang diselenggarakan masih menggunakan nama Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah.

Sesuai dengan Perda Nomor 9 tahun 1993 diputuskan bahwa pengelola PRPP tidak dapat menggunakan badan hukum Yayasan, tetapi harus berbentuk Perseroan Terbatas. Pada tanggal 7 Maret 1995 dibuat Akta Notaris Perseroan Terbatas PT. Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah disingkat PT. PRPP Jawa Tengah.

IMG_20180902_205705

         Pada kegiatan ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Khususnya Bidang P3W Seksi Pemasaran mengirimkan satu grup untuk mengisi giliran tampil pada PRPP Tahun 2018. Dengan grup seni yang diikutkan dalam kegiatan ini diharapkan masyarakat luas diluar Kabupaten Tegal dapat lebih mengenal Budaya Kabupaten Tegal, Kesenian, Pariwisata dan lain-lain yang mendorong agar Kabupaten Tegal lebih dikenal lagi serta menarik wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Tegal sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya.